Solusi
Tuntas bagi Para

Pecinta
Burung yang Cerdas

Macam-macam Jenis Cucak Hijau

Macam-macam Jenis Cucak Hijau


Meskipun nama umum adalah cucak hijau atau cucak ijo, namun burung ini bukanlah keluarga merbah atau cucak-cucakan. Burung cucak hijau sama sekali bukan satu suku dengancucakrowo atau cucak jawa misalnya.

Yang biasa kita sebut cucak hijau ini memiliki nama ilmiah Chloropsis sonnerati. Dia adalah burung cica-daun besar dengan seluruh badan dominan dengan warna hijau. Dalam bahasa Inggris burung ini dikenal sebagai Greater Green Leafbird.

Jenis-jenis cica-daun juga dikenal dengan sebutan umum burung daun, atau murai daun. Bertubuh sedang, dengan panjang tubuh total (diukur dari ujung paruh hingga ujung ekor) sekitar 22 cm. Seperti umumnya cica-daun, seluruh tubuh didominasi warna hijau terang (hijau daun), termasuk sayap dan ekor; sementara pipi dan tenggorokan burung jantan berwarna hitam berkilau.

Jenis burung ini kadang bersikap agresif terhadap jenis lain yang berukuran lebih kecil. Saat berkicau, cica-daun besar akan menundukkan kepala. Makanannya adalah aneka serangga dan buah-buahan hutan.

Cica-daun besar menyebar di Semenanjung Malaya, Sumatra dan pulau-pulau di sekitarnya, Kalimantan termasuk pula Natuna, Jawa dan Bali. Tersebar luas tetapi tidak umum didapati, di hutan-hutan dataran rendah dan perbukitan sampai ketinggian 1.000 m dpl.

Jenis – Jenis Cucak Hijau dan Cara Membedakannya

Ada banyak macam burung cucak hijau yang terkadang membuat kita bingung untuk membedakannya dan sering kali banyak dari para penghobi yang tertipu saat membeli karena kurangnya informasi. pada artikel ini saya akan mencoba memberikan semua jenis dan perbedaan burung cucak hijau yang banyak beredar dikalangan penghobi dan para penjual burung.

 

  1. Cucak Hijau Jatim / Banyuwangi dan sekitarnya.

Sudah jelas terkenal bahwa burung cucak hijau Banyuwangi dan sekitarnya mempunyai kepala dan postur tubuh yang besar (sebagian besar). Cucak hijau Banyuwangi cukup sulit dibedakan dari cucak hijau Kalimantan karena banyak juga cucak hijau Kalimantan yang mempunyai body besar mirip dengan Banyuwangi. Kepala dapat menjadi sebuah patokan untuk burung cucak hijau yang asli Banyuwangi karena menurut kami, cucak hijau Kalimantan yang berukuran body besar tetapi ukuran kepalanya tidak sebesar Banyuwangi. Jadi bisa dibilang bahwa cucak hijau Banyuwangi yang asli mempunyai body besar dan ukuran kepala yang cukup besar sebanding dengan ukuran tubuhnya. Dikabarkan bahwa jumlah cucak hijau yang berada di hutan saat ini sudah sangat sedikit sehingga kecil kemungkinan ada orang yang menjual cucak hijau muda dengan cap Banyuwangi. Waspadalah kawan 🙂

 

  1. Cucak Hijau Kalimantan

Burung cucak hijau kalimantan dapat dengan mudah dikenali karena sebagian besar berwarna hijau muda (terang) dan saat sudah dewasa tidak mempunyai warna biru keunguan pada bagian wajahnya. Cucak hijau Kalimantan datang dengan berbagai ukuran, mulai dari medium hingga besar menyerupai cucak hijau Banyuwangi. menurut tim kami, bentuk tubuh burung ini lebih bulat dari pada cucak hijau lain. Ukuran kepalanya relatif kecil dan tidak sebanding dengan tubuhnya.

Suara dari cucak hijau Kalimantan tidak kalah dengan cucak hijau Banyuwangi. Ada yang memelihara cucak hijau kalimantan berumur 5 bulan tetapi sudah mampu ngeplong dengan keras. Untuk masalah variasi suara tergantung dari masing-masing pemilik dalam memasternya.

 

  1. Cucak Hijau Sumatera

Burung cucak hijau Sumatera atau sering disebut dengan cucak hijau kepala kuning sangat mudah dikenali. Ya, dari warna kuning dikepalanya dan warna biru mengkilap pada bagian pipi menjadi ciri khas cucak hijau Sumatera. Selain itu ukuran tubuh cucak hijau Sumatera tergolong paling kecil diantara cucak hijau Kalimantan apalagi Banyuwangi. Harga cucak hijau Sumatera juga tergolong lebih murah, mungkin karena ukuran tubuhnya yang kecil. Memang memelihara burung berukuran besar rasanya lebih bangga. Namun jangan salah sangka, walau ukurannya kecil ia dapat berkicau dengan lantang seperti saudaranya yang lain.

 

  1. Cucak Hijau Mini

Cucak hijau mini, dari namanya saja sudah kelihatan bahwa burung ini berukuran tubuh kecil. Lebih kecil dari pada cucak hijau Sumatera. Sebagian besar cucak hijau mini mirip dengan cucak hijau kalimantan yang bertubuh polos tanpa warna biru pada wajah dan body hijau polos. Suara cucak hijau mini bervariasi, ada yang keras dan ada juga yang pelan. Banyak yang bilang kalau cucak hijau mini punya lebih banyak variasi suara asli dari pada cucak hijau besar.

Yang perlu diwaspadai adalah cucak hijau mini yang berukuran lebih besar dari rata-rata, mereka bisa diberi cap cucak hijau Sumatera oleh oknum tidak bertanggung jawab. Padahal dari Segi harga lumayan berbeda jauh.

 

  1. Cucak Rante / Ranti

Cucak Rante sangat mudah dikenali. Dari kepalanya saja kelihatan kuning cerah dan mempunyai 4 warna kombinasi yaitu hijau, kuning, biru, hitam. Ukuran cucak rante sama kecilnya dengan cucak hijau mini. Suaranya hampir sama dengan cucak hijau besar, namun nadanya tidak setinggi dan tidak sekeras cucak hijau besar.

Sekian penjelasan tentang cucak hijau dan macam-macam jenisnya. Semoga berguna bagi penghobi burung kicau yang ingin berburu cucak hijau.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Tentang Kami

Selamat datang di klinikburung.com. Tim kami berisi orang-orang terbaik dalam bidang birds-care, khususnya perawatan, makanan serta obat-obatan. Klinikburung.com berada di bawah naungan PT. Alami Tri Tunggal Abadi.

Artikel Terakhir

Galeri

Copyright 2019 KlinikBurung.com

Designed by BHINTARA