Solusi
Tuntas bagi Para

Pecinta
Burung yang Cerdas

Setelan Kontes Cucak Hijau Tampil Maksimal

Setelan Kontes Cucak Hijau Tampil Maksimal


Burung cucak hijau kian populer di arena kontes karena gaya tarung dan suara yang merdu menjadikan burung ini selalu full gantangan di arena lomba. Burung ini sebenarnya bukan burung fighter, melainkan burung yang semi fighter maka dari itu perlu perawatan khusus jika burung ini ditujukan untuk dibawa ke arena lomba. Jika anda merasa burung cucak ijo anda prospek gantangan maka tidak ada salahnya untuk mencobanya walaupun hanya kelas latber untuk melatih mental burung.

Rawatan cucak ijo kontes sebenarnya hampir mirip dengan setingan hariannya, yang membedakan adalah beberapa hari sebelum perlombaan dimulai kita perlu melakukan setingan yang lebih. Maksud lebih disini adalah lebih menambahkan pakan exstra foodingnya dan juga menambah jam istirahat menjelang lomba karena kita pasti tidak mau burung kita gembos karena kehabisan tenaga.

Sebelum kontes dimulai alangkah baiknya anda amati terlebih dahulu apakah burung cucak ijo anda dalam kondisi prima. Tidak ada bulu yang jatuh serta dalam keadaan birahi yang stabil. Karena itu menjadi faktor penentu burung kita nanti akan tampil bagus di lapangan.

Berikut ini setingan lomba cucak ijo yang telah tim klinikburung rangkum, setingan ini bisa anda terapkan di rumah tinggal disesuaikan dengan karakter burung masing-masing. 3 hari sebelum hari perlombaan burung cucak ijo wajib full krodong dan tidak boleh dipertemukan dengan burung cucak ijo lain, gunanya adalah untuk menyimpan tenaga dan stamina agar tidak gembos saat digantangan nanti.

  1. Mandikan pagi hari dan jemur jangan terlalu lama, maksimal 30 menit saja.
  2. Beri pakan buah pepaya untuk H-3 dan H-2 dan untuk H-1 berikan buah pisang.
  3. Untuk exstra fooding berikan jangkrik 5 ekor pagi dan 5 ekor juga untuk sore
  4. 1 jam sebelum digantang angin-anginkan sebentar burung, ini juga bertujuan agar cucak ijo beradaptasi dengan suasana arena lomba.
  5. Berikan jangkrik 5 ekor serta ulat hongkong 7 ekor.
  6. Bersihkan dasar sangkar dari kotoran ataupun sisa pakan yang berjatuhan.
  7. Jika burung mau naik gantangan berikan jangkrik 1 ekor lagi.
  8. Amati cucak ijo anda pada saat digantangkan, apakah burungnya mau kerja maksimal yaitu bongkar isian sambil bergaya ngentrok ataupun hanya berkicau tanpa gaya ngentrok?
  9. Jika burung sudah mau kerja dilapangan maka teruskan setingan lomba tersebut jika belum maksimal maka perlu dikoreksi lagi apa yang kurang dari setelan diatas.

 

Di atas tadi adalah contoh setelan cucak ijo sebelum kontes. Setingan tersebut sudah terbukti cocok pada beberapa burung, tetapi tiap burung mempunyai perawatan lomba sendiri-sendri. Maka anda perlu mencoba untuk mencari rawatan yang cocok untuk burung anda.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Tentang Kami

Selamat datang di klinikburung.com. Tim kami berisi orang-orang terbaik dalam bidang birds-care, khususnya perawatan, makanan serta obat-obatan. Klinikburung.com berada di bawah naungan PT. Alami Tri Tunggal Abadi.

Artikel Terakhir

Galeri

Copyright 2019 KlinikBurung.com

Designed by BHINTARA