Solusi
Tuntas bagi Para

Pecinta
Burung yang Cerdas

3 Protein Utama Agar Burung Jadi Juara

3 Protein Utama Agar Burung Jadi Juara


Memiliki peliharaan burung yang sering mengikuti kontes atau perlombaan adalah hal yang menyenangkan. Apalagi jika burung milik anda berhasil meraih gelar juara. Tentu saja ada kebanggaan tersendiri saat hobi anda jadi kegiatan yang produktif. Namun menjadi juara tidak bisa lepas dari perawatan yang tepat, khususnya makanan dan kandungan di dalamnya. Kali ini tim klinikburung akan menjelaskan 3 protein penting yang harus ada, agar burung kesayangan bisa menjadi juara di setiap perlombaan.

  1. Telur

Telur terdiri atas tiga bagian utama, yaitu putih telur (albumin), kuning telur (yolk), dan kerabang (kulit telur). Jika putih telur hanya mengandung protein saja, maka kuning telur mengandung protein, lemak, kolesterol, vitamin (A, D, E, K), dan mineral. Bisa diterka, tingginya nilai nutrisi / gizi pada telur terutama disokong oleh kandungan gizi pada bagian kuning telur, baik telur ayam, telur itik, maupun telur puyuh.

Jika tujuan utamanya hanya untuk pembentukan otot, maka putih telur lebih dianjurkan. Para binaragawan / body builder pun biasanya hanya mengkonsumsi putih telur, tanpa kuning telur. Namun jika ingin mendapatkan gizi yang lengkap, maka kuning telur lebih dianjurkan, atau bisa juga putih dan kuning telur sekaligus.

Kuning telur juga baik untuk burung kicauan, karena bukan sekadar mengandung protein, tetapi juga zat gizi lainnya  seperti lemak, serta berbagai jenis vitamin dan mineral. Tentu konsumsinya jangan berlebihan, karena kuning telur juga mengandung lemak dan kolesterol. Kuning telur bisa dibuat tepung, dan dijadikan pakan alternatif untuk burung kicauan. Tepung kuning telur juga bisa digunakan sebagai pengganti kroto, terutama ketika terjadi kelangkaan stok di pasaran. Kuning telur bisa dicampur dalam berbagai jenis pakan burung, seperti pakan bijian dan voer.

  1. Ikan Tuna

Tulang ikan memiliki banyak kandungan kalsium dalam bentuk kalsium fosfat. Jumlahnya bisa mencapai 14% dari susunan tulangnya. Mineral utama yang terdapat dalam tulang ikan adalah kalsium (Ca) dan fosfor (P). Sedangkan mineral lain dalam jumlah kecil adalah natrium (Na), magnesium (Mg), dan fluor (F).

Pemanfaatan tepung tulang ikan sebagai sumber kalsium sudah dilakukan sejak beberapa tahun lalu. Di Jepang, misalnya, tepung tulang ikan bahkan banyak dijual di pasaran untuk konsumsi manusia, terutama untuk mencegah dan mengatasi penyakit osteoporosis.

Di kalangan peternak unggas, tepung tulang ikan juga banyak digunakan untuk membantu perkembangan kuthuk (DOC). Berikut ini kandungan gizi yang terdapat pada tepung tulang ikan:

Kadar air : 3.6%

Abu : 33.1 %

Protein : 34.2 %

Lemak : 5.6 %

Kalsium : 11.9 %

Fosfor : 11.6

 

Sumber: ISA (International Seafood of Alaska)

 

Dalam dunia kicauan, pemanfaatan tepung tulang ikan sebenarnya juga sudah lama dilakukan oleh kicaumania di mancanegara. Mereka umumnya mencampurkan tepung tulang ikan dalam pakan kering voer, atau dimanfaatkan sebagai bahan utama dalam pembuatan pakan racikan.

  1. Serangga

Serangga memang menjadi santapan lezat bagi burung-burung pemakan serangga seperti murai batu, kacer, cendet, dan sebagainya. Beberapa jenis burung pemakan buah seperti cucak hijau dan keluarga leafbird lainnya juga sangat menyukai pakan serangga.

Pakan burung kicauan yang berasal dari serangga umumnya memiliki kandungan protein tinggi. Kecukupan protein ini kemudian sering dikaitkan dengan pencapaian kondisi birahi yang optimal, sehingga burung menjadi lebih gacor / rajin bunyi.

Tentu saja ada batasan dalam pemenuhan kebutuhan protein, dan ini juga berkaitan dengan kondisi birahinya, serta sangat mempengaruhi kualitas kicauannya. Apabila terlalu berlebihan dalam mengkonsumsi protein, burung gampang sekali mengalami over birahi. Sebaliknya, jika kekurangan protein, burung susah mencapai kondisi birahi optimal sehingga tidak bisa nampil seperti yang kita harapkan.

 

Nah, itulah tadi 3 sumber utama protein bagi burung kicau. Sudahkah memenuhinya untuk burung peliharaan anda?

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Tentang Kami

Selamat datang di klinikburung.com. Tim kami berisi orang-orang terbaik dalam bidang birds-care, khususnya perawatan, makanan serta obat-obatan. Klinikburung.com berada di bawah naungan PT. Alami Tri Tunggal Abadi.

Artikel Terakhir

Galeri

Copyright 2019 KlinikBurung.com

Designed by BHINTARA