Solusi
Tuntas bagi Para

Pecinta
Burung yang Cerdas

BERBAHAYA! Hati-hati Memilih Makanan Untuk Burung Kesayangan Anda!

BERBAHAYA! Hati-hati Memilih Makanan Untuk Burung Kesayangan Anda!


Anda pasti senang melihat burung peliharaan anda sehat dan semangat berkicau. Kadang sampai lupa waktu karena terpesona dengan bulunya yang cantik dan fisik terjaga. Kesehatan fisik dan mental seekor burung peliharaan, adalah hal yang penting untuk dijaga dan diperhatikan. Jangan sampai burung kesayangan sakit atau stress karena tidak cocok makanannya atau malah kualitas buruk dari pakan.

Burung kicau yang paling umum ada dua jenis, yaitu jenis pemakan serangga (hewani) dan jenis pemakan buah atau biji-bijian (nabati). Bagi burung pemakan serangga seperti murai batu, anis kembang, atau kacer, sebaiknya diberi makan serangga segar contohnya jangkrik, ulat hongkong, kroto. Meskipun ada juga manfaat buah saat diberikan pada burung pemakan serangga beberapa kali dalam satu minggu.

Bagi burung kicau pemakan buah atau biji-bijian, sebaiknya anda berikan makanan yang sesuai. Bagi kedua jenis burung tersebut, jika sudah terbiasa makan voer sebaiknya pilihkan merk yang bagus dan kualitasnya terpercaya. Biasakan untuk tidak mengganti-ganti merk voer, karena pasti setiap merk mempunyai kandungan yang berbeda-beda. Konsistensi ini juga menjaga burung dari stress sehingga dapat berkicau lebih bagus.

Kesalahan dalam memberi makan burung bisa jadi berakibat fatal. Contohnya saja pada burung kenari Yorkshire yang memiliki postur tubuh besar. Pastinya jenis ini membutuhkan lebih banyak, namun banyak orang memebrinya makan sama seperti makanan burung kenari lokal. Tentu hal ini akan jadi masalah. Pemeberian pakan kiloan yang tidak memperhatikan kualitas, akan membuat stamina kenari Yorkshire menurun, dan macet bunyi, birahi drop, juga sulit dikawinkan.

Tidak hanya memilih pakan dengan kualitas prima, waktu yang pas adalah kunci membuat burung anda gacor. Carilah setelan yang pas dan sesuai dengan karakteristik burung peliharaan. Cari tau berat badannya, makanan kesukaan, jam berapa sebaiknya burung diberi makan. Anda bisa cek kumpulan artikel tentang perawatan harian yang telah tim klinikburung rangkum sesuai dengan jenis burung yang anda miliki.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Tentang Kami

Selamat datang di klinikburung.com. Tim kami berisi orang-orang terbaik dalam bidang birds-care, khususnya perawatan, makanan serta obat-obatan. Klinikburung.com berada di bawah naungan PT. Alami Tri Tunggal Abadi.

Artikel Terakhir

Galeri

Copyright 2019 KlinikBurung.com

Designed by BHINTARA