Solusi
Tuntas bagi Para

Pecinta
Burung yang Cerdas

Beternak Cendet Mudah Membawa Untung

Beternak Cendet Mudah Membawa Untung


Burung cendet merupakan burung predator yang ganas, hal ini menjadikan para peternak beranggapan nyaris tak mungkin untuk menagkarkan burung cendet. Tetapi tak ada yang tak mungkin saja seandainya kita ingin berupaya untuk mencoba, dengan kesabaran yang cukup di atas rata-rata, kecermatan dan selalu berdoa. untuk beternak cendet, ini merupakan peluang usaha yang sangat menjanjikan karena penggemar burung cendet saat ini sedang meningkat dan jika tidak segera dilakukan upaya penangkaran burung cendet, mungkin saja 5 tahun kedepan burung ini akan punah.

Untuk itu kali ini klinikburung akan membagikan cara beternak burung cendet, mudah-mudahan dalam artikel kali ini dapat memotivasi anda untuk beternak burung cendet.

  1. Persiapan Indukan

Seperti Teori Pembiakan Burung Cendet, jadi hal yang butuh disiapkan pertama kali yaitu sediakan atau mempersiapkan indukan yang sudah siap untuk berkembang biak. Yakni yang sudah berumur minimum 1 tahun, baik cendet jantan ataupun cendet betina.

Ciri-ciri Cendet Jantan bentuk kepalanya datar (cepak), mempunyai alis serta kepala yang hitam legam bahkan juga ada yang hingga ke leher (blangkon). Sedang yang betina berwarna lebih puyeh (kusam) dengan kepala yang sedikit lebih kembung (nonong).

Cendet Jantan apabila sudah meraih saat brahi yang cukup bakal lebih rajin berkicau, dengan nyanyian yang merdu serta variasi lagu yang berbagai macam, diluar itu burung juga terlihat lebih agresif dari umumnya. Sedang Cendet Betina bakal mempunyai suara panggil sendiri untuk mengisyaratkan bahwa burung siap untuk di kawin oleh cendet jantan yang ditandai dengan usahanya bikin sarang.

Adapun burung cendet yang bakal diternak telah semestinya yaitu burung yang sudah jinak serta sekurang-kurangnya telah tak takut lagi dengan semua kesibukan manusia, supaya burung lebih gampang dalam perawatannya ataupun sistem penjodohan.

  1. Persiapan Sangkar/ Kandang Ternak

Lantaran burung cendet yaitu burung petarung serta burung predator jadi sangkar ternak mesti dibuat selebar mungkin saja supaya sepanjang masa penjodohan burung mempunyai keleluasaan dalam terbang ataupun bermain. diluar itu didalam sangkar telah semestinya juga disiapkan tanaman perdu untuk bersembunyi serta tempat burung bertengger.

Burung yang sudah siap lakukan pembiakan bakal menghimpun rumput serta ranting kecil untuk bikin sarang, karenanya siapkanlah rumput kering di basic sangkar supaya burung dapat mengambilnya sendiri di sana. adapun tempat menyimpan sarang dapat anda buat persiapan dari Batok kelapa yang ditempatkan di tempat yang aman tak terkena hujan serta tak terserang hama seperti tikus serta semut.

Sebaiknya terkecuali mempersiapkan pohon perdu serta tempat sarang dari batok kelapa, anda juga mempersiapkan satu pohon yang lebih tinggi serta bercabang yang dapat jadikan tempat burung menyimpan sarangnya.

Siapkanlah wadah pakan yang cukup besar, simpan di tempat yang aman serta tak diganggu semut, wadah yang kami maksud yaitu tempat menyimpan jangkrik dalam jumlah tidak terbatas, lantaran burung yang bakal diternak mesti disiapkan makanan EF jangkrik dalam jumlah yang banyak terkecuali juga memberi Voer.

Baiknya Sangkar penangkaran di buat di tempat yang terbuka dengan satu segi yang menghadap panas matahari, sesaat sisi lain juga ada tempat yang teduh serta beratap. Yakinkan pintu masuk terbagi dalam dua pengaman pintu, hingga burung tak bakalan terlepas, adapun jenis pintu yang kami maksud bisa anda surfei di KBS ataupun di Taman Flora Surabaya (bakal kami menulis fotonya masa datang).

  1. Sistem Penjodohan

Burung Cendet Betina yang sudah siap berbiak/kawin lebih dahulu di masukkan dalam sangkar besar (sangkar breeding) supaya burung terasa aman di daerah itu, sesaat Cendet Jantan biarlah dahulu diluar dikirar harian. Lihatlah bagaimanakah tingkah burung cendet jantan apabila lihat burung cendet betina, apabila burung seringkali berkicau serta bernyanyi lalu juga berupaya untuk menguber betina, barulah burung di buat jadi satu dalam wadah penangkaran.

Pada step awal penjodohan mungkin saja burung bakal sama-sama berkelahi, apabila si jantan yang menang serta menguasai jadi penjodohan bakal sukses, lantaran karakter cendet betina bakal lebih mengalah pada cendet jantan yang lebih jagoan. Lamanya saat penjodohan tak pasti bergantung keadaan burung serta ketersediaan pakan.

Apabila burung telah terlihat jodoh, jadi burung betina bakal mulai menghimpun sarang, sesaat Cendet jantan cuma lihat serta memonitor situasi. Sepanjang masa penjodohan baiknya tak menunjukkan atau memperdengarkan nada burung cendet lain yang lebih gacor, supaya cendet betina tak penasaran dengan pejantan yang lain.

Untuk perawatan sepanjang masa penjodohan, yang paling utama yaitu sediakan EF yang cukup, yakni Jangkrik sehari 50 ekor, UK 2 sendok makan serta UH 1 sendok. Jika diiberikan EF yang cukup dipastikan burung bakal lebih cepat berproduksi. Untuk mandi serta minum baiknya siapkan air yang bersih yang ditukar sehari-hari.

Apabila burung cendet sudah siap berproduksi, bakal bertelur 2-3 butir telur bergantung kematangan induknya. serta bakal mengeram sepanjang +/- 21 hari. Sesudah menetas, burung cendet piyikan baiknya di ambil serta di suapi sendiri supaya burung nantinya jadi burung yang jinak. Diluar itu burung induknya juga agar selekasnya berproduksi kembali.

Semoga artikel tentang ternak cendet dan cara penjodohannya ini membantu anda yang baru memulai usaha ternak burung cendet.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Tentang Kami

Selamat datang di klinikburung.com. Tim kami berisi orang-orang terbaik dalam bidang birds-care, khususnya perawatan, makanan serta obat-obatan. Klinikburung.com berada di bawah naungan PT. Alami Tri Tunggal Abadi.

Artikel Terakhir

Galeri

Copyright 2019 KlinikBurung.com

Designed by BHINTARA