Solusi
Tuntas bagi Para

Pecinta
Burung yang Cerdas

Manjaga Kesehatan Fisik dan Mental Burung Kicau

Manjaga Kesehatan Fisik dan Mental Burung Kicau


Jika anda baru saja membeli seekor burung pengkicau, maka anda perlu tau langkah-langkah untuk menjaga kesehatan burung. Kesehatan burung bukan hanya sebatas pakan yang baik, tapi juga meliputi pola pemberian pakan, ekstra food, vitamin, juga kesehatan mental burung. Bagi anda yang sudah lama memelihara burung, ada baiknya membandingkan pola perawatan anda dengan artikel klinikburung ini. Semoga menginspirasi dan selamat mencoba!

Tips dan trik menjaga kesehatan fisik:

  1. Jangan pernah iseng memberi pakan burung tidak pada jadwal waktunya (misalnya ada jangkrik lepas, ya masukkan kandang jangkrik, jangan iseng diberikan ke burung yang ada di dekat Anda).
  2. Jangan iseng memandikan burung tidak pada waktunya (misalnya biasanya sepekan dua kali, menjadi setiap hari selama sepekan karena kebetulan pekan itu Anda libur atau cuti).
  3. Jangan iseng menjemur burung lebih lama dari biasanya untuk sesekali waktu, misalnya hanya karena Anda kebetulan sempat menunggui berlama-lama.
  4. Jangan iseng meniru-niru pola pakan dari kawan, jika Anda tidak yakin bisa konsisten untuk melaksanakannya.
  5. Jangan sampai kehabisan voor merk tertentu yang biasa Anda berikan ke burung Anda. Jangan terlalu yakin bahwa merk tertentu itu selalu tersedia di kios pakan burung langganan Anda (kecuali Anda mau repot muter2 ke kios lain).

owen whatever

 

Tips dan trik menjaga kesehatan mental burung:

  1. Biasakan diubah-ubah tempat gantungannya di tempat2 yang relatif ramai orang, gaduh, berisik.
  2. Jangan diubah-ubah posisi tempat pakannya.
  3. Jangan diubah-ubah bentuk dan ukuran tempat tenggeran/tangkringannya
  4. Biasakan burung dengan kerodong, topi, payung dan lain-lain dengan warna yang beragam.
  5. Biasakan dipertemukan dengan burung lain, baik sejenis maupun lain jenis. Jangan terlalu lama kalau Anda belum yakin dengan kondisi mental si burung.
  6. Biasakan dibawa bepergian (entah pakai mobil ataupun motor) entah untuk tujuan lomba, latber, atau sekadar muter2 kota. Misalnya Anda main ke rumah kawan dan tidak merasa repot, bawa saja burung Anda meskipun di sana hanya digantung sendirian, sementara Anda ngobrol.
  7. Milikilah burung sejenis sebagai sparring partner atau “unthul” (bahasa Jawa) dengan kualitas mental yang jeblok, untuk selalu “dilabrak” oleh burung andalan kita. Ini seperti kalau kita punya ayam bangkok petarung, maka kita perlu ayam jago lainnya (biasanya ayam lokal) yang kualitas tarungnya jelek dengan tugas “menerima pukulan” bangkok jagoan kita. Ini bertujuan meningkatkan mental burung dengan cara memberi perasaan bahwa dia adalah burung “menangan”, padahal musuhnya-lah yang jelek, bohongi saja biar dia pede.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Tentang Kami

Selamat datang di klinikburung.com. Tim kami berisi orang-orang terbaik dalam bidang birds-care, khususnya perawatan, makanan serta obat-obatan. Klinikburung.com berada di bawah naungan PT. Alami Tri Tunggal Abadi.

Artikel Terakhir

Galeri

Copyright 2019 KlinikBurung.com

Designed by BHINTARA