Solusi
Tuntas bagi Para

Pecinta
Burung yang Cerdas

Pakan Murah Bisa Bikin Anda Susah

Pakan Murah Bisa Bikin Anda Susah


Makanan adalah sumber energi utama bagi semua makhluk hidup, tidak terkecuali burung peliharaan anda. Jika anda memberinya makanan berkualitas, maka burung akan sehat dan jauh dari penyakit. Pertanyaannya, bagaimana kita bisa menentukan mana pakan yang bagus dan pakan yang buruk? Sudah tepatkah pilihan Anda selama ini?

Tepat berarti burung tidak gampang mencret, bulu tidak mudah rontok, gacor dan bertenaga. Salah dalam memilih pakan burung memang sering menimbulkan masalah, baik yang kita sadari atau tidak. Berikut ini beberapa tips untuk Anda dalam memilih merk pakan burung. Untuk memilih merk voer tertentu, coba lihat dulu kemasannya. Baca kandungan yang ada di dalamnya. Nah, unsur apa saja yang perlu ada dalam pakan burung? Berikut tim klinikburung berikan garis besarnya untuk anda, untuk lebih detail bisa anda sesuaikan dengan karakter masing-masing buruung.

Unsur pakan yang perlu ada dalam pakan burung adalah karbohidrat, protein, lemak, vitamin dan asam amino serta mineral. Secara umum, semua voer pakan burung yang beredar di pasaran memang terdiri unsur-unsur di atas. Tetapi, yang diperlukan di sini adalah pengetahuan tentang jumlah masing-masing unsur pakan di dalamnya. Karena kita tidak bisa memastikan kebenaran dari komposisi yang ditulis dalam kemasan voer pakan burung kita bisa belajar dari kasus burung ketika diberi pakan/voer merk tertentu.

Voer kiloan (curah) contohnya, dengan harga yang sangat murah dan mengutamakan kuantitas. Bisa saja pakan jenis ini berhasil pada beberapa burung, tapi bisa jadi malah buruk pada burung peliharaan anda. Apalagi jika burung anda adalah burung kicau yang dilombakan, tentu harus memperhatikan unsur-unsur di dalamnya dengan teliti. Secara garis besar, pakan burung yang bagus memiliki ciri-ciri:

  • Kandungan pakan yang tertulis di kemasan lengkap (mencakup unsur-unsur karbohidrat, protein, lemak, vitamin dan asam amino serta mineral)
  • Mudah didapat di kios pakan burung di sekitar rumah
  • Kemasan kuat/anti bocor

Jika kebetulan anda memiliki banyak burung peliharaan, mungkin Anda memberikan pakan ke burung dengan merk tertentu mengikuti rawatan awal (dari pemilih burung sebelum Anda), solusinya adalah berikan saja ke semua burung merk yang sama agar Anda tidak repot. Ganti voer dengan cara bertahap. Campurkan pakan yang biasanya dengan pakan yang baru. Hari berikutnya, merk tertentu yang hendak dihilangkan, dikurangi porsinya sedikit demi sedikit, sampai pada akhirnya hanya voer pengganti yang kita sodorkan.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Tentang Kami

Selamat datang di klinikburung.com. Tim kami berisi orang-orang terbaik dalam bidang birds-care, khususnya perawatan, makanan serta obat-obatan. Klinikburung.com berada di bawah naungan PT. Alami Tri Tunggal Abadi.

Artikel Terakhir

Galeri

Copyright 2019 KlinikBurung.com

Designed by BHINTARA